BLANTERSWIFT101

Dual Boot Tak Perlu Repot, Q4OS Rilis Perkakas Penginstal untuk Windows 10

Saturday, 2 December 2017
Distribusi GNU/Linux Q4OS sepertinya menjadi salah satu dari sedikit distro yang menawarkan kemudahan instalasi melalu sistem operasi Windows, mirip seperti apa yang telah dilakukan Endless OS. Pengembang Q4OS selama ini membangun penginstal Q4OS untuk Windows 10, yang berfungsi mempermudah instalasi Q4OS melalui sistem operasi dari Microsoft tersebut.


“Kami gembira mengenalkan rilis stabil pertama dari penginstal Q4OS untuk Windows 10. Ia memperkenankan siapapun memasang Q4OS bersandingan dengan Windows dengan cara mudah, tanpa perlu memodifiksi sistem opersi Windows, perangkat lunak lain yang terinstal, bahkan tanpa perlu merepartisi ulang drive disk Anda,” kata pengembang via q4os.org.

Alat penginstal akan mengonfigurasi komputer Anda agar mampu menjalankan Q4OS atau Windows 10 dalam mode dual boot. Sekali saja Anda menjalankan setup, lanjutnya, Anda dapat dengan mudah berpindah dan ke Windows maupun Q4OS setiap kali Anda memulai ulang komputer. Dari keterangan pengembang tersebut, Q4OS akan terpasang secara dual boot mirip seperti saat Anda memasang distro lain secara manual.

Meskipun penginstal ini ditujukan untuk Windows 10, ia juga bisa digunakan di Windows 7 dan 8. Setelah dipasang, Q4OS akan dianggap seperti aplikasi Windows biasa sehingga untuk menghapusnya Anda hanya perlu menjalankan perkakas uninstaller.

Untuk mengunduh perkakas penginstal Q4OS untuk Windows 10 silakan kunjungi laman unduh Q4OS.org. Silakan rujuk laman dokumentasi untuk melihat penjelasan detailnya.